Minggu, 14 September 2014

Anemia dan Zat Besi

Zat besi atau 'iron' adalah mineral yang dibuthkan tubuh dalam jumlah yang kecil. Istilah medisnya masuk dalam kategori 'trace mineral'. Butuhnya tidak terlallu banyak. FDA membuat kisaran angka kebutuhan 'trace mineral' ini antara 0,2 - 15 miligram per hari. Ya, jumlahnya tak smapai 100 mg sehari. Bandingkan dengan kebutuhan kalsium, sebagai 'macro mineral', kebutuhannya bisa mencapai 1000 mg sehari. hampir 10x lipat.
Meskipun tubuh hanya butuh sedikit, tapi manfaat 'trace mineral' ini luar biasa. Umumnya kelompok ini bekerja di tingkat seluler, mempengaruhi aktivitas metabolisme seperti pembentukan energi, protein, enzim bahkan sel darah merah. Seperti yang dilakukan oleh zat besi.

Sayangnya masih banyak diantara penduduk di Indonesia dan dunia yang mengalami kekurangan zat besi. Anemia memang sering diidentikkan dengan kekurangan zat besi. Hal ini disebabkan kasus ADB (Anemia Defisiensi zat Besi) paling banyak. Tapi, agar tidak salah kaprah, sebenarnya ada banyak zat gizi yang berperan dalam pembentukan sel darah merah.

Salah satu komponen utama pembentuk sel darah merah adalah zat besi. Lainnya ada vitamin B 12, vitamin B 6 dan asam folat. Namun, anemia kekurangan zat besi yang paling banyak diderita orang di dunia. Tidak hanya wanita yang terkena anemia, anak-anak, remaja wanita dan tentunya ibu hamil sera wanita di usia produktif sangat rentan terhadap anemia.


Makanan apa yang bisa mencegah anemia dan mendukung proses pembentukan darah? Check poster di bawah untuk lebih mudah mengingat ya -terutama bagi Anda yang tipe visual :)-

Semoga bermanfaat



sumber makanan pembentuk sel darah merah
NB: Poster di atas saya modifikasi dari situs naturalhealthyconcept. Awalnya saya desain officially untuk klinik tempat saya bekerja.


*almost midnight with Opick's song 'Andai Waktu Memanggil'

Minggu, 24 Agustus 2014

Sumber Zat Gizi Anti Mainstream -Vitamin A-


Makanan apa yang banyak mengandung vitamin A? Wortel

Makanan apa sumber vitamin C? Jeruk

Sumber makanan apa yang banyak kalsiumnya? Susu

Makanan sumber karbohidrat? Nasi

Kalau makanan yang banyak vitamin E? Kecambah

Cukup familiar dan terkenal bukan sumber zat gizi dan bahan makanan tadi?

Selama ini memang banyak sekali bahan makanan yang sudah sangat mainstream alias sudah sangat jamak dan umum dikenal masyarakat sebagai sumber zat gizi tertentu. Nyatanya sumber makanan tadi bukan merupakan kasta tertinggi dalam hal kandungan nutrisi untuk zat tertentu. Bahkan mungkin agak keliru atau mispersepsi tentang bahan makanan dan zat gizi yang ada.

Nah, biar tambah wawasannya insya Allah akan saya bahas bahan makanan anti mainstream dari setiap nutrisi yang dibutuhkan tubuh melalui beberapa artikel. kita mulai dari vitamin A.

Vitamin A

Vitamin A masuk dalam vitamin yang larut dalam lemak. Di dalam tubuh, dia bisa muter-muter setelah diikat oleh lemak. Karenanya, vitamin ini termasuk dalam salah satu vitamin yang bisa disimpan di dalam tubuh. Tempat penyimpanan utamanya ada di hati atau liver. 

Sebenarnya vitamin A hanya bisa didapatkan dari makanan hewani. So, sumber vitamin A itu dari wortel adalah salah?

Tidak 100% salah. Karena vitamin A ini adalah bentuk aktif-nya maka bentuk atau senyawa tidak aktifnya disebut dengan pro-vitamin A. Salah satu jenis pro vitamin A yang terkenal adalah beta karoten. Karoten sendiri berasal dari kata carot yang artinya memang wortel. Sebagai zat pemberi warna atau pigmen pada tumbuhan. Jenis karoten tidak hanya beta karoten, tetapi terdapat hampir 600 jenisnya. 

Di dalam tubuh, bahan makanan sumber beta karoten dan alfa karoten ini akan diubah menjadi vitamin A atau retinol. Sekitar 1 mcg beta karoten setara dengan 0.5 mcg retinol atau vitamin A. Jadi jika kita mengkonsumsi 500 mcg beta karoten, kemungkinan diubah menjadi vitamin A adalah 250 mcg. Mengapa kemungkinan? Karena beta karoten bukan sumber vitamin A atau retinol langsung, jadi membutuhkan tahapan tau proses dalam pengubahannya. Ada banyak faktor yang akan memepengaruhi proses perubahan bentuk ini. Maka ada kemungkinan tidak 100% beta karoten akan diubah menjadi vitamin A. Salah satu faktor yang sudah diteliti adalah perbedaan genetik pada setiap manusia, terutama dalam metabolisme beta karoten yang melibatkan enzim dan senyawa lainnya. Selain itu masalah pencernaan, ketidakseimbangan jumlah bakteri di usus, banyak sedikitnya toksin atau racun di dalam tubuh juga mempengaruhi proses ini.

Lalu, selain wortel makanan apa yang kaya kandungan vitamin A?

Karena sumber vitamin A ada dua, maka lebih bijak jika kita membagi sumber makanan ini menjadi dua juga. Sumber makanan vitamin A dan provitamin A. Karena si beta karoten ini selain akan diubah menjadi vitamin A, juga bersifat antioksidan yang sangat baik. Jadi lebih baik jika kita mendapatkan bahan makanan dari dua jenis bukan?

Vitamin A

Menurut situs whfoods.com (world's healthiest food) urutan pertama makanan yang kaya akan vitamin A adalah udang. Deng dong.. udang bukannya banyak kolesterol. Dan urutan kedua adalah telur. Oooo... kok kolesterol lagi?

Gimana enggak? Vitamin A adalah makanan yang larut atau diikat oleh lemak. Maka, sumber makanan yang kaya vitamin A pastinya akan mengandung banyak lemak. Tapi jangan khawatir, kita akan membahas tentang khasiat telur nantinya, untuk menjawab kontroversi seputar kolesterol dalam telur. Urutan selanjutnya adalah susu sapi, keju, yoghurt, salmon, sarden, ayam, 

Beta Karoten

Maha Kuasa-nya ALlah SWT sama kita adalah, Dia tidak menciptakan vitamin A hanya dari makanan hewani saja. Makanya, ada beta karoten!! Sebagai pangan pelengkap vitamin A plus dapat zat antioksidan yang artinya anti kanker juga.

Urutan pertama sumber beta karoten adalah bahan makanan yang sangat banyak dijumpai di Indonesia. Ubi kuning alias sweet potato. Ingat ada beberapa jenis ubi yang beredar di Indonesia. Ada ubi putih, ubi kuning dan ubi ungu. Tapi yang banyak mengandung beta karoten adalah ubi kuning.

Urutan kedua adalah wortel. Namun jika dibandingkan, jumlah beta karoten dalam ubi kuning lebih banyak 2x daripada yang ada di wortel dalam jumlah porsi yang sama. Selanjutnya ada bayam, brokoli, bok choy, paprika, tomat, pepaya dan jeruk.


Kandungan Vitamin A dalam beberapa makanan dari FAO

Di tabel sudah dibedakan sumber makanan dari vitamin A (retinol) dan pro vitamin A (beta karoten dan jenis karoten lainnya). Tabel seperti ini juga bisa didapat dalam situs whfods, yang link nya ada di referensi..





Referensi:
World's Healthiest Food Vitamin A
Beta Karoten
Perubahan Beta Karoten Menjadi Vitamin A
Tabel kandungan vitamin A








Rabu, 13 Agustus 2014

Rahasia Kulit Cantik Wanita Korea

Iklan kosmetik di televisi saat ini banyak sekali yang memberikan tag line 'ala Korea' untuk meningkatkan produk penjualan mereka. Tidak salah memang. Jika kita lihat di sebagian besar drama Korea, menampilkan para artis dengan kulit yang mulus tanpa noda sedikitpun. Tubuh mereka pun terlihat sangat baik dengan pancaran mata yang cerah. Alhasil industri kosmetik Korea tumbuh subur dan outcome-nya sangat diinginkan wanita bahkan juga pria di negara lain.

Tapi, sebagai seorang yang berkecimpung di bidang nutrisi ada sudut pandang lain yang saya lihat. Bukan hanya dari sisi 'kosmetik luar', dalam arti jenis make up maupun krim yang digunakan. Tapi, lebih jauh dari itu. Bahwa suatu produk seni bisa jadi memang mewakili apa yang menjadi kebiasaan di negera tersebut, termasuk kebiasaan pola makan dan pola konsumsi yang mereka santap sehari-hari.

Jika saya melihat film produk Hollywood, maka para aktor akan lebih sering ditampilkan minum soda, burger dan pizza. Kondisi ini seakan menggambarkan apa yang sudah banyak diteliti oleh para pakar, bahwa penyebab obesitas di negara maju terutama Amerika karena perubahan pola konsumsi yang mereka jalani.

Lalu, apa yang Anda lihat di drama Korea?

Mungkin saya agak berlebihan, tapi saya melihat konsistensi dari setiap drama Korea yang saya lihat. Terutama saat adegan makan bersama keluarga dan juga saat santai mereka. Bahwa menu yang ada di hadapan mereka kebanyakan adalah sayur dan buah. Mari kita lihat beberapa


lettuce segar dari kebun siap santap (Princess Hours ep 7 tahun 2006)

Masak untuk Jamuan Makan malam teman (Lie To Me, tahun 2011)
Ta da... cantik kan... (Lie To Me)
adegan masak lagi di K drama Good Doctor (th 2013)

kebun organik orangtua Chae Gyung (Princess Hours ep 7 )


hidangan snack untuk tamu (Lie To Me)



Jadi, nggak heran deh saya kalau mereka pada punya body ramping dan kulit mulus. Makanan mereka saja seperti itu. Tahu sendiri kan sayur dan buah kaya akan antioksidan. Membantu melawan radikal bebas, mencegah penuaan, mencegah penyakit jantung, diabetes, dan penyakit degeneratif lainnya. Untuk kulit, vitamin C dalam sayur dan buah yang berwana-warni tadi membantu produksi kolagen kulit. Biar tetep halus dan kencang.

Adakah orang gemuk di Korea? 
Ternyata ada. Dan menurut Korean Journal, News Report, Posted: Mar 07, 2014 kebanyakan orang gemuk, obesitas di Korea adalah dari kalangan kurang mampu. Yaitu 34% dibandingakan yang dari ekonomi mampu sebesar 29,2% (data tahun 2012). Hal ini disebabkan mereka lebih banyak makan junk food dan tidak punya waktu serta cukup uang untuk beraktivitas. Sebuah siklus yang sempurna untuk menjadi pesakitan.

So, jika memang ingin punya penampilan Ok ala artis Korea kayaknya bukan hanya kosmetik tapi it's come from the deepest inside of our body, our cells, our DNA. They need healthy food to be healthier and makes you looks prettier.